Jalan-jalan ke Wakatobi

Menjelang pagi di Pantai Huntete, Wakatobi. Foto: Taya

Wakatobi adalah salah satu tempat wisata terpopuler di Indonesia. Tempat wisata ini terletak di gugusan Pulau Sulawesi Tenggara, Indonesia.

 

Ada dua alternatif untuk menuju ke Wakatobi. Pertama dengan melalui jalur laut yakni Makassar – Kendari - Wangi-wangi. 

Dari wangi-wangi tersedia transportasi antar pulau dengan menggunakan kapal cepat, kapal kayu, dan speed boat. Sedangkan melalui jalur udara, dapat ditempuh dari Jakarta dengan tujuan Makassar. Kemudian dilanjutkan dengan penerbangan ke Kendari. Setelah itu, anda akan melanjutkan penerbangan ke Wangi-wangi dengan waktu tempuh 40 menit.

Dari Bandar Udara Matahora, kemudian anda melajutkan perjalan ke ibu kota Kabupaten Wakatobi yang letaknya di Wangi-wangi, dengan menggunakan mobil yang melewati lahan-lahan kosong tanpa rumah warga.


Jika anda merasa lapar, jangan khawatir ada banyak tempat yang menyajikan berbagai jenis makanan. Salah satunya di Restoran Wisata Sea Food. Disini anda bisa memesan berbagai menu sea food khas Pulau Wakatobi. Sambil menikmati makanan anda bisa melihat pemandangan laut dan aktivitas nelayan setempat.

Dari Wangi-wangi kami ajak anda ke pulau Kaledupa. Untuk ke pulau ini wisatawan dapat menggunakan speed boat, dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Tempat favorit wisatawan di dekat pulau tersebut adalah Pulau Hoga. Disini anda dapat menyelam dan snorkeling. Soal penginapan anda tak perlu khawatir. Disini juga tersedia homestay yang dikelola masyarakat setempat.

Tempat lain yang menarik untuk anda kunjungi adalah Pulau Tomia dan Binongko. Jarak tempuhnya sekitar 5 jam dengan menggunakan speed boat.


Setelah sampai di Dermaga Bahari, Kelurahan Bahari, Kecamatan Tomia Timur, anda bisa menumpang ojek untuk pergi ke desa-desa. Misalnya Desa Kulati, jika berkunjung saat perayaan hari besar agama islam, di desa ini anda akan disuguhkan dengan berbagai pertunjukan, seperti ngibi atau pajoge, yang diiringi musik tradisional gendang dan gong. Selain itu, ada juga pertunjukan buru gila yang dilakoni oleh anak-anak dan orang dewasa.

Bila ingin menikmati suasana pantai dan sunrise di desa tersebut, anda dapat berkunjung ke Pantai Huntete, yang letaknya tidak jauh dari pemukiman penduduk. Selama perjalanan, anda bisa melihat indahnya panorama alam.

Di tempat ini juga ada liang kurikuri, yang terletak di bawah tebing ampombero, sebelah kiri dari pantai huntete. Di depan tempat ini merupakan salah satu lokasi zona terlarang untuk para nelayan saat melaut, atau warga menyebutnya dengan istilah bank ikan.

Seperti juga Pulau Wangi-wangi, Pulau Kaledupa, Pulau Tomia dan pulau-pulau kecil di sekitarnya, Pulau Binongko juga memiliki tempat wisata yang unik untuk anda nikmati yakni Taman Batu Taduna. Tempat ini terletak di Desa Waloindi dan Haka. Panjangnya mencapai 1 km lebih. Di tempat ini ada situs keramat yakni danau bakau yang dipercaya memiliki legenda buaya putih.

Selain menikmati wisata pantai dan bawah laut, Wakatobi juga memiliki beberapa destinasi wisata sejarah seperti benteng, perkampungan suku bajo, dan panorama alam. Jadi, tak salah lagi, jika memilih Wakatobi sebagai destinasi wisata anda saat berlibur.


Reporter: Taya

0 komentar:

Posting Komentar