Km Uki Raya Karam Diterjang Badai Elnino

Kapal KM. Uki Raya yang karam. Foto: Ismail

Kapal penumpang KM Uki Raya yang bermuatan 197 orang yang menuju Wanci, Kabupaten Wakatobi, karam setelah diterjang badai elnino di Selat Buton, sekitar pukul 02:00 WITA. 


Naas kapal yang bertolak dari Pelabuhan Baubau karam di Kecamatan Wabula, Kabupaten Buton. Tiga orang meninggal dunia dalam insiden tersebut.


Kapal Penumpang KM Uki Raya terpaksa harus karam di perairan Selat Buton saat hendak menuju Kabupaten Wakatobi setelah bertolak dari Kota Baubau. 

Kapal yang membawa 197 penumpang ini diterjang badai elnino di Selat Buton, Kabupaten Buton. Saat itu pula lambung kapal KM Uki Raya pecah, karena menghantam salah satu karang setelah terbawa arus dan angin kencang pada badai elnino sekitar pukul 02:00 WITA. 

Akibat karamnya kapal tersebut, mesin kapal pun seketika langsung mati, alat penerang dari kapal juga ikut padam.

Penumpang yang tidak mengetahui karamnya kapal tersebut, langsung panik dan mencoba menyelamatkan diri. Namun naas dua penumpang tewas akibat berdesak-desakan mencoba menyelamatkan diri. Tiga korban meninggal diantaranya satu orang balita dan dua orang dewasa.

Akibat kejadian tersebut, dikabarkan puluhan penumpang mengalami luka-luka dan satu penumpang mengalami kritis sedangkan tiga penumpang meninggal dunia.

Untuk mengevakuasi penumpang yang selamat, Pemerintah Kabupaten Buton bersama instansi lain, terpaksa mengungsikan semua para penumpang di tempat pelelangan ikan. Hal itu untuk mengecek kesehatan mereka dan mendata penumpang yang selamat, serta mengambil barang-barang berharga mereka.


Reporter: Ismail
Editor: Taya

0 komentar:

Posting Komentar