Wisata ke Pantai Toronipa

Pantai Toronipa, Sulawesi Tenggara. Foto: Istimewa

Kendari yang merupakan ibukota Sulawesi Tenggara masih menyimpan pantai eksotis, salah satunya Pantai Toronipa yang berada di wilayah administratif Kabupaten Konawe. 


Pantai Toronipa berasal dari Bahasa Bugis, yaitu toro nipa yang berarti pohon nipa yang turun.


Untuk ke pantai ini, anda dapat menggunakan kendaraan roda empat atau kendaraan roda dua, dengan waktu tempuh sekitar 45 menit dari Kota Kendari.

Pantai yang memiliki pasir yang putih ini, disesaki pengunjung pada saat libur baik libur lebaran maupun akhir pecan.

Ada sejumlah fasilitas yang dapat diperoleh di tempat ini antara lain, banana boat, gazebo hingga makanan local, seperti sate pokea. Namun, semua fasilitas itu, tidak gratis .

Sate pokea biasa dinikmati bersama ‘Gogos’ begitu warga disana menyebutnya. Makanan ini banyak dijajakan masyarakat setempat bagi pengunjung. Sate pokea dijual seharga seribu rupiah per tusuknya. Sementara gazebo disewa dengan tarif 100.000 rupiah.

Untuk anda yang ingin bermain banana boad, anda harus membayar sebesar 20 ribu rupiah per orang dengan dua kali putaran hingga ke tempat semula. Banana boat ditarik dengan menggunakan speed boad yang dikemudikan orang ahli.

Dasar pantai toronipa sangat landai sekitar satu kilometer ke arah laut banda. Saat air laut sedang pasang, kita dapat menikmati air dangkal dan merasa aman saat bermain bersama anak-anak. Sedangkan pada saat laut sedang surut, kita dapat melihat masyarakat lokal mengumpulkan hewan laut untuk santapan.

Deburan ombak laut, serta pasir putih yang terbentang merupakan perpaduan yang asyik untuk mengisi liburan anda. Jadi tidak ada salah jika anda mengunjungi tempat ini sebagai tempat wisata keluarga anda.


Reporter: Taya
Editor: Taya

0 komentar:

Posting Komentar